Angga Sanusi: Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina

Pages

Sunday, February 26, 2012

Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina


Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina 5


Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina Bertema Investo! "Investasikan Energimu untuk Bumi"


Dalam rangka mengikuti Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina senang sekali saya bisa menulis artikel bertemakan investasikan energimu untuk bumi. Kompetisi yang di selenggarakan oleh komunitas kompas muda bersama sobat bumi ini sangat berguna sekali untuk para generasi muda.

Sekarang ini bumi tempat kita berpijak sudah mengalami penurunan kualitas dikarenakan banyak nya aktivitas dan hal yang membuat bumi kita semakin hari semakin rusak. Salah satu contoh hal yang paling merusak adalah dengan semakin bertambah buruk nya polusi di bumi kita ini. Setiap hari semakin banyak saja kendaraan bermotor yang menghasilkan gas emisi yang sangat banyak ke langit dan membuat keadaan di bumi ini semakin memburuk.

Oleh karena itu kita sebagai generasi muda jangan sampai membiarkan kerusakan di bumi tercinta kita ini semakin memburuk. Kita sebagai generasi muda harus bisa melestarikan dan membuat bumi kita ini kembali sehat. Mari generasi muda yang sehat dan pintar berlomba lomba lah kita melestarikan bumi ini, mari kita investasikan energi kita untuk bumi ini.

Salah satu cara terbaik kita sebagai generasi muda dalam membantu bumi adalah dengan menyeimbangkan kembali kadar polusi di bumi kita ini. Salah satu nya adalah dengan menginvestasikan energi hijau yang ada di bumi untuk sedikit demi sedikit mengurangi polusi yang kian membuat bumi kita ini kotor. Banyak cara dalam usaha kita menginvestasikan energi untuk bumi ini seperti melakukan penghijauan di daerah-daerah yang terdapat banyak sekali polusi. misal menanam pohon-pohon di dekat pinggiran jalan raya yang jelas-jelas menghasilkan polusi terbesar dari asap-asap kendaraan bermotor. Juga menanam pepohonan di daerah-daerah industri pabrik yang kian hari kian menambah sesak udara di bumi kita ini dengan kotoran limbah.

Selain polusi udara ada juga faktor yang membuat bumi kita ini semakin rusak yaitu dengan pemakaian energi bumi secara berlebihan. Energi di bumi ini akan semakin cepat habis bila kita memakai nya secara berlebihan dan terus menerus. Kita lihat saja contoh pemakaian energi di negeri kita sendiri. Mari kita lihat energi apa saja yang ada di negeri kita ini yang di pakai oleh warga indonesia :

1. Air
Air menjadi kebutuhan yang sangat utama di negeri tercinta ini dimana air yang sangat melimpah di negeri ini kian hari kian rusak kualitasnya. Banyak air di beberapa pelosok indonesia sudah tidak layak lagi untuk di pakai minum ataupun mandi. Kenapa ? makin banyak nya oknum yang tidak bertanggung jawab membuat kualitas air di negeri kita ini rusak yaitu dengan marak nya pembangunan pabrik-pabril yang membuang limbah nya sembarangan sehingga mencemari air di sekitar nya. Untuk itu kita sebagai generasi muda harus segera melakukan tindakan untuk menyelamatkan bencana ini. Salah satu cara nya adalah membuat inovasi pembersih air/ penyaringan air minum.

2. Bahan Bakar Minyak( BBM )
Saat ini penggunaan bahan bakar minyak di indonesia meningkat drastis di iringi dengan bertambah banyak nya pengguna kendaraan bermotor di indonesia dan juga turut menyumbang polusi yang cukup banyak ke udara. Oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus bisa menyemarakan agar penggunaan kendaraan motor sebisa mungkin di tekan agar polusi di negeri ini tidak terus bertambah banyak.


Kita sebagai generasi muda harus bisa menyemarakan tentang hemat energi di bumi ini agar bumi kita ini terus sehat dan tidak mengalami kerusakan. Mari kita hemat energi sejak sekarang dan buat bumi kita ini sehat dan bebas polusi.